Sabtu, 07 April 2012

Awas, Trojan Menyamar Jadi Game China

CALIFORNIA - Android masih sering jadi incaran aplikasi palsu. Kali ini virus Trojan menyamar sebagai aplikasi game China bernama The Roar of the Pharaoh.

Dalam blog milik Chester Wisniewski, peneliti keamanan Sophos, aplikasi itu disebut sebagai aplikasi jahat yang mengumpulkan informasi sensitif tentang perangkat Android tempatnya mendarat.

Informasi yang dikumpulkan adalah hal pribadi dan detil teknis, termasuk nomor ponsel. Setelah terkumpul, informasi itu akan dikirimkan pada pembuat malware. Demikian diwartakan PC World, Senin (2/4/2012).

"Seperti banyak Trojan mobile lain, virus yang satu ini mengirim pesan teks ke nomor tujuan sms bertarif premium. Selain itu juga mampu membaca sms di dalam ponsel Anda," terang Wisniewski.

Sophos telah mengidentifikasi Trojan Android ini sebagai Andr/Stiniter-A. Dikatakan bahwa virus ini tidak meminta izin khusus pada saat instalasi. The Roar of the Pharaoh sendiri merupakan game China yang legal, meskipun aplikasi Androidnya diyakini tidak tersedia dalam Google Play.

Michael Sutton, Vice President lembaga peneliti keamanan Zscaler mengatakan bahwa game The Roar of the Pharaoh untuk Android mencerminkan pergeseran target para pembuat malware. Game palsu yang sebenarnya adalah Trojan semakin meningkat dan menjadi tipe penipuan di Android saat ini. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar